Asal-usul Air Zam Zam, Jejak Kaki Malaikat Jibril

jual air zam zam
Air zam zam yang dalam bahasa arab artinya melimpah ruah memiliki julukan lain yaitu Hazmatu Jibril yang artinya jejak kaki malaikat Jibril. Zam zam sendiri adalah sumur mata air dengan kedalaman sekitar 42 m, terletak di kawasan Masjidil Haram tepatnya di sebelah tenggara Ka’bah. Mata air tersebut banyak diburu oleh orang-orang yang beribadah dari seluruh dunia. Sebenarnya, sekarang ini tidak harus langsung datang ke Masjidil Haram untuk mendapatkan air zam zam, anda juga bisa membeli air zam zam secara asli di toko online jual air zam zam.

Sejarah Air Zam Zam

Mungkin anda semua sudah tahu mengenai sejarah singkat sumur air zam zam ini ketika duduk di bangku SD. Kisah Hazmatu Jibril ini bermula sejak 4000 tahun yang lalu, ketika Masjidil Haram masih bagian dari gurun yang gersang dan tandus, tidak ada tanda-tanda mata air daripadanya. Nabi Ibrahim AS dengan istri dan putranya Siti Hajar dan Ismail memenuhi perintah Allah SWT bermukim di tempat ini.

Suatu saat, Nabi Ibrahim AS pergi untuk mencari makanan dan minuman yang telah habis, bahkan pada saat itu putra nya, Ismail masih dalam usia bayi dan sangat membutuhkan ASI dari Siti Hajar yang kehidupannya terancam karena haus dan lapar. Sambil menunggu Nabi Ibrahim AS pergi mencari makanan dan minuman, Siti Hajar mencari sumber mata air dengan berlari-lari kecil pulang-pergi sebanyak tujuh kali dari Bukit Safa ke Marwah sambil terus berdoa pada Allah SWT. (lebih lanjut –> www.airzamzamasli.com )

Akhirnya, perjuangan Siti Hajar membuahkan hasil, terjadi keajaiban berupa mata air yang memancar di antara kedua kaki Ismail dengan kehendak Allah melalui malaikat Jibril. Kemudian ketika Nabi Ibrahim AS datang menemui istri dan anaknya, ia dibantu dengan putranya Ismail menjadikan tempat keluar mata air tersebut sebagai tempat ibadah pada Allah SWT. Pada awalnya, cara untuk mengambil air yang suci ini adalah dengan cara menimba, namun seiring berjalannya waktu dan teknologi, digunakanlah pompa dan peralatan yang lebih canggih untuk mendapatkan airnya.