Tips Menyewa Jasa Interior Rumah Agar Tak Menguras Kantong

Jasa interior rumah – Kita pasti menginginkan rumah yang nyaman dan tertata rapi. Sehingga tidak sedikit orang yang menyewa jasa interior rumah. Namun kebanyakan orang menganggap jika menyewa desainer interior sangat menguras biaya. Padahal jika kita cerdik sebelum menyewa desainer tersebut, tak akan membuat kantong terkuras.

Berikut ini ada beberapa tips menyewa jasa interior rumah yang low budget.

  1. Kenali sistem harga

Sebelum Anda memilih menggunakan jasa interior rumah, ada baiknya jika mengetahui sistem harga. Ada 4 sistem yang biasa dipakai oleh desainer interior untuk mematok harga. Yaitu per meter persegi, prosentase dari total biaya, hanya membayar desain saja, serta design and build. Dalam memilih sistem tersebut, sebaiknya sesuaikan dengan dana yang tersedia.

Jika memiliki dana yang pas-pasan, bisa memilih sistem membayar desain saja. Atau jika ruangan tidak terlalu luas, bisa memilih per meter persegi. Sistem per meter persegi yaitu patokan harga yang ditentukan dari menghitung per meter persegi dari luas ruangan. Patokan harga tiap wilayah biasanya juga berbeda-beda. Untuk patokan harga sewa prosentase dari total biaya, Anda diwajibkan membayar 2-5% kepada desainer dari total keseluruhan biaya.

Ada juga desainer yang hanya menyediakan gambar desainnya saja. Harga desain tersebut juga tergantung dari kerumitan desain gambar yang diminta. Kemudian untuk sistem design and build, desainer akan menyediakan seluruh kebutuhan interior mulai penyediaan barang hingga pemasangan.

  1. PAndai bernegosiasi

Tarif sewa jasa desain interior memang sudah ditetapkan. Namun jika dirasa masih terlalu mahal, Anda bisa bernegosiasi dengan desainer untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Anda bisa melakukannya dengan pendekatan secara emosional.

  1. Manfaatkan ide kreatif

Bila Anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar, maka manfaatkan ide kreatif untuk menata interior rumah. Saat ini jika Anda bisa browsing, ada banyak sekali ide kreatif untuk membuat rumah lebih indah. Misalnya membuat hiasan atau pajangan, sehingga Anda hanya membayar jasa desainer untuk membuatkan desainnya saja. Namun anda juga membutuhkan jasa kontraktor untuk mmbuat rumah anda.

Menggunakan jasa interior rumah memang tidak ada salahnya. Satu hal yang pasti, kita harus menyesuaikannya dengan anggaran yang dimiliki. Jangan sampai kantong terkuras untuk menyewa jasa desainer.

Photographer: Salvatore Vuono (acknowledgement required – Salvatore Vuono / FreeDigitalPhotos.net)